Rabu, 12 September 2018

Sejarah Masuknya Melon di Indonesia

Sejarah Melon Indonesia
Melon Taiwan

Detektif Sejarah - Melon (Cucumis melo L.) adalah tanaman buah semusim yg datang dari lembah persia, Mediternia. Dari daerah aslinya, melon lalu menebar ke Eropa serta Timur Tengah. Pada abat ke-14, Colubus membawa tanaman ini ke Amerika, yg lalu banyak tumbuh di daerah California, Texas, serta Colorado. Kecuali Colombus, Bangsa Moor banyak juga berjasa meningkatkan tanaman ini. Melon lalu alami perubahan type di Jepang, Cina, India, Spanyol, serta Iran. 

Sejarah Pertama Kali Masuk Buah Melon Masuk di Indonesia


Buah melon masuk ke Indonesia serta mulai dibudidayakan pada tahun 1970. ketika itu, melon berubah menjadi buah yg berkelas tinggi serta benar-benar mahal. Konsumennya punterbatas, cuma golongan yg termasuk ekonomi tinggi. Tapi, buah yang memiliki kandungan banyak air sekarang dapat di nikmati semua golongan. Bahkan juga, tanaman ini udah dibudidayakan dengan luas di Indonesia. Kalianda (Lampung) serta Cisarua (Bogor) adalah daerah pertama yg mengembangbiakkan melon dengan serius. Setelah itu daerah ngawi serta madiun (Jawa Timur)., dan Boyolali serta Klaten (Jawa Tengah) berubah menjadi utama penghasil melon yg cukuplah menguasai. 

Masa 1990-an adalah puncak peningkatan melon di Indonesia. Ketika itu, melon benar-benar ramai dibudidayakan oleh banyak pekebun. Bukan saja ditanam di lahan-lahan pertanian, melon mulai juga di kembangkan di rumah kaca. Trik penanamannya juga alami perubahan. Ada yg ditanam didalam pot dengan media tanah, ada juga yg ditanam dengan skema hidroponik. Pada beberapa tahun itu juga indonesia kebanjiran benih beberapa varietas melon dari beberapa negara produsen. 

Benih melon yg sangat banyak ditanam ialah benih yg datang dari taiwan. Hal semacam ini berhubungan erat dengan peristiwa awal peningkatan melon di Indonesia. Pada awal pembudidayaan melon, pekebun masihlah menjumpai banyak hambatan dalam tehnik budidayanya. Buat menangani masalah ini, Indonesia menghadirkan tenaga pakar dari taiwan. Sebab itu, tidak heran kalau benih melon Taiwan lalu mengontrol sentra-sentra pertanaman melon di Tanah air. 

Produksi Buah Melon Terbesar Pada Tahun 1996


Hingga sampai waktu ini produsen buah melon paling besar ialah di pulau jawa, disusul lalu Sumatra, Kallimantan, Bali serta sulawesi. Pada awal perubahannya, produksi buah melon di Indonesia bertambah tajam. Puncak produksi melon nasional terjadi pada tahun 1996 yg sampai 478. 654 ton dengan luas penanaman 33. 288 hektar. Sesudah itu, banyaknya produksi melon fluktuatif dengan condong mengalami penurunan. Penurunan ini berlangsung sejalan dengan penyempitan area penanaman melon. 

Pada tahun 2003, produksi melon nasianal cuma 70. 560 ton dengan luas penanaman 3. 329 hektar. Pada tahun 2004 produksi melon mengalami penurunan berubah menjadi 47. 664 ton dengan luas penanaman 2. 287. setelah itu pada tahun 2005 naik berubah menjadi 58. 440 ton dengan luas penanaman 3. 245 hektar. 

Kalau ketimbang dengan masa 1990-an, produksi itu memang mengalami penurunan tajam. Serangan hama serta penyakit karena tidak terdapatnya perputaran tanaman, disangka berubah menjadi satu diantaranya sebabnya. Tidak hanya itu, melon butuh cost besar. Serta tehnik budidaya yg tidak gampang. Sejumlah petani yg mula-mula “ikut-ikutan” menanam melon, mengubah upayanya menanam komoditi berbeda yg lebih gampang. 

Pada tahun 2002, Indonesia mengekspor buah melon sekitar 33411ton. Jepang, Korea, Hong Kong, serta Singapura adalah sejumlah negara yg rasakan manisnya buah melon yg ditanam pekebun Indonesia. Disamping itu, sepanjang 2005-2008 rakyat Indonesia diramalkan akan mengkonsumsi buah melon sekitar 1, 34-1, 50 kg/kapita/tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar