Jumat, 12 Oktober 2018

Sejarah Masuknya Agama Kristen di Indonesia


Sejarah Masuknya Agama Kristen
Sejarah Masuknya Agama Kristen di Indonesia

Detektif Sejarah
- Agama Kristen telah berada di Indonesia serta berdasarkan catatan ensiklopedia dicatat jelas keberadaannya pada era ke-10 serta ke-11. Menurut sensus masyarakat tahun 2010, 6,96% dari masyarakat Indonesia ialah Protestan serta 2.91% beragama Katolik. Wilayah-wilayah tradisionil Kristen di Indonesia terkonsentrasi di Tanah Batak, Nias, Mentawai, pedalaman Kalimantan, Minahasa, Poso, Tana Toraja, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku serta Papua. Dalam bahasa Indonesia, arti "Kristen" ditujukan spesial untuk menyebutkan gereja reformis (Protestan) Akan tetapi, riwayat Agama Kristen di Indonesia di sini ikut meliputi riwayat Katolik di Indonesia. 

Sejarah Pertama Masuknya Agama Kristen di Indonesia 


Agama Kristen pertama-tama hadir ke Indonesia pada era ke-7. Lewat gereja Assiria (Gereja Timur) yaitu berdiri di dua tempat yaitu, Pancur (Saat ini lokasi dari Deli Serdang) serta Barus (Saat ini lokasi dari: Tapanuli Tengah) di Sumatra (645 M). Riwayat kehadiran sudah terdaftar oleh ulama Syaikh Abu Salih al-Armini dalam bukunya dengan judul FIBA “Tadhakur Akhbar min al-Kana’is wa al-Adyar min Nawabin Mishri wa al-Iqta’aih” (Rincian berita pada gereja-gereja serta monastries di provinsi-provinsi Mesir serta sekelilingnya). Rincian gereja-gereja serta monastries dari naskah asli dalam bahasa Arab dengan 114 halaman ini berisi berita mengenai 707 gereja-gereja serta 181 monastries Kristen yang menyebar di seputar Mesir, Nubia, Abysina, Afrika Barat, Spanyol, Arab serta India. Dalam bukunya (Abu Salih), tanah Indonesia masih tetap dimasukkan dalam lokasi India (al-Hindah). 

Gereja Ortodoks Saint Michael Golden Domed Monastery
Gereja Ortodoks Saint Michael Golden Domed Monastery

Gereja Ortodoks ialah grup Kristen/Gereja pendatang yang menurut riset dari pakar-pakar riwayat serta arkeologi lama, pertama ada serta hadir ke Indoneia yang diikuti dengan/lewat kedatangan Gereja Nestorian yang adalah corak gereja Asiria di daerah Fansur (Barus), di lokasi Mandailing, Sumatera Utara. Akan tetapi menurut A.J. Butler M.A., kata Fahsûr semestinya ditulis Mansûr, yakni satu negara pada jaman kuno yang ada di Barat Laut India, terdapat di seputar Sungai Indus. Mansur adalah negara paling penting yang populer diantara beberapa orang Arab dalam soal komoditas kamfer (al-kafur). 

Gereja Katolik Roma
Gereja Katolik Roma

Katolik Roma pertama datang pada tahun 1511 di tanah Aceh, yakni dari Ordo Karmel, serta 1534 di kepulauan Maluku lewat orang Portugis yang di kirim untuk eksplorasi. Fransiskus Xaverius, misionaris Katolik Roma serta pendiri Ordo Yesuit kerja di kepulauan Maluku pada tahun 1546 sampai tahun 1547. Protestanisme pertama-tama dikenalkan oleh Belanda pada era ke enam belas, hingga dipengaruhi pada ajaran Calvinisme serta Lutheran. 

Pada 1960-an karena anti-Komunis serta anti-Konfusianisme banyak pengikut Komunis serta orang Tionghoa mengklaim diri menjadi orang Kristen, namun banyak bangsa Tionghoa yang pada akhirnya terima agama Kristen serta saat ini sebagian besar kelompok muda bangsa Tionghoa ialah umat Kristen. Kristen di Indonesia lebih bebas untuk menjalankan agama mereka dibanding dengan beberapa negara seperti Malaysia, serta beberapa negara Arab. Di propinsi Papua serta Sulawesi Utara, Protestan adalah agama sebagian besar. Jumlahnya populasi orang Kristen ikut diketemukan di seputar danau Toba di Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, pedalaman Tana Toraja, serta beberapa lokasi di propinsi Maluku. Meskipun Indonesia sebagian besar beragama Muslim, beberapa misionaris masih bebas untuk sebarkan agama Kristen di Indonesia. Serta banyak sekolah Kristen yang mengajari agama Kristen. Protestan di Indonesia terbagi dalam beberapa denominasi, yakni Huria Kristen Batak Protestan, Gereja Pantekosta di Indonesia, Gereja Tiberias Indonesia/Gereja Bethel Indonesia, Gereja Masehi Advent Hari Ke-7 , Gereja Yesus Sejati, Mennonit, Gereja Metodis, Gereja Baptis, Gereja Kristen Protestan Simalungun, serta denominasi yang lain.

Sekian penjelasan artikel kami yang menceritakan tentang Sejarah Masuknya Agama Kristen di Indonesia. Artikel ini kami tulis berdasarkan buku-buku sejarah tentang agama kristen yang berada di negara Indonesia. Kami berharap kalian juga membaca Wisata Umat Kristen di Palestina yang pastinya akan menarik bagi kalian yang ingin pergi ke n Yerusalem yang bertempat di Palestina. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel terkait ini dapat membantu kalian dalam memahami agama kristen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar