Sabtu, 22 September 2018

Sejarah Kereta Api di Bumi

Sejarah Kereta Api di Bumi
Sejarah Kereta Api di Bumi

Detektif Sejarah - Kereta api merupakan bentuk transportasi rel yang terdiri dalam sekelompok kendaraan yang ditarik selama arah kereta api untuk mengangkat kargo atau penumpang. Jenis gerak disiapkan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Kendati propulsi historis mesin uap mengontrol, bentuk-bentuk moderen yang sangat umum merupakan mesin diesel serta listrik lokomotif, yang disiapkan oleh kabel overhead atau rel penambahan. Sumber daya berbeda termasuk juga kuda, tali atau kawat, gravitasi, pneumatik, battery, serta turbin gas. Rel kereta api kebanyakan terdiri dalam dua, tiga atau empat rel, dengan beberapa monorel serta guideways maglev dalam gabungan. Kata 'train' datang dari bhs Perancis Tua trahiner, dari bhs Latin trahere 'tarik, menarik'. 

Ada beberapa style kereta api yang di rancang untuk arah khusus. Kereta api dapat terdiri dalam gabungan satu atau lebih dari lokomotif serta gerbong kereta terpasang, atau beberapa unit yang digerakkan sendiri (atau kadangkala pelatih bertenaga tunggal atau diartikulasikan, dimaksud satu kereta mobil). Kereta pertama dengan bentuk ditarik memanfaatkan tali, gravitasi bertenaga atau ditarik oleh kuda. Dari pertama zaman ke-19 hampir segalanya dapat dukungan oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan sebagainya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang serta bersih (akan tetapi lebih kompleks serta mahal) lokomotif diesel serta lokomotif listrik, sesaat pada saat yang sama beberapa kendaraan unit yang digerakkan sendiri baik mode tenaga berubah menjadi tambah lebih umum dalam service penumpang. 

Sejarah Awal Mula Kereta Api di Bumi


Peristiwa perkeretaapian seperti sama peristiwa alat transportasi biasanya yang dengan diawali penemuan roda. Awalnya diketahui kereta kuda yang cuma terdiri dalam satu kereta (serangkaian), lantas dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu serangkaian dan berjalan di arah khusus yang terbuat dari besi (rel) serta disebut sepur. Ini dipakai terutamanya di daerah pertambangan tempat ada lori yang dirangkaikan serta ditarik dengan tenaga kuda. 

Sesudah James Watt mendapatkan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga bahannya bakar uap. Beberapa orang menyebutkan kendaraan itu menjadi kuda besi. Lantas Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta serta memakainya pada pertunjukan di muka penduduk umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangkan perlombaan balap lokomotif serta dipakai di arah Liverpool-Manchester. Masa itu lokomotif uap yang dipakai berkonstruksi belalang. Penyempurnaan buat penyempurnaan dilaksanakan untuk dapatkan lokomotif uap yang lebih efisien, berkemampuan besar, serta dapat menarik kereta tambah banyak. 

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan perlengkapan listrik yang dibarengi penemuan motor listrik. Motor listrik lantas dipakai untuk bikin trem listrik yang adalah cikal akan kereta api listrik. Lantas Rudolf Diesel menimbulkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga serta lebih efektif dibanding dengan lokomotif uap. Sejalan dengan mengembangnya tehnologi kelistrikan serta magnet yang semakin maju, dibuatlah kereta api magnet yang punyai kecepatan diatas kecepatan kereta api biasa. Jepang kurun waktu dekade 1960-an menjalankan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang selanjutnya di kembangkan lagi hingga mencapai hampir semuanya Jepang. Lantas Perancis menjalankan kereta api sama dengan nama TGV. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar