Kamis, 13 September 2018

Sejarah dan Awal Mula Piala Dunia

Detektif Sejarah - Piala Dunia FIFA pertama-tama diadakan pada tahun 1930, saat presiden FIFA Jules Rimet akan memutus buat menyelenggarakan kompetisi sepak bola internasional. Piala Dunia pertama, diadakan di Uruguay pada 1930, diperebutkan jadi final kompetisi yang cuma terbagi dalam 13 team yang diundang oleh organisasi. Sejak mulai itu, Piala Dunia FIFA sudah alami ekspansi dengan berturutan serta format yang dibikin lagi buat sekarang 32 team final kompetisi di awali oleh proses kwalifikasi dua tahun, yang sertakan hampir 200 team dari seluruhnya dunia. 

Laga sepak bola internasional pertama dimainkan pada tahun 1872 di Glasgow pada Skotlandia serta Inggris, walaupun pada bagian ini olah-raga itu jarang dimainkan diluar Inggris. 

Tapi tahun 1900 olah-raga sudah mendapat tanah di seluruhnya dunia serta asosiasi sepak bola nasional yang dibuat. Laga internasional sah pertama diluar Kepulauan Inggris dimainkan pada Uruguay serta Argentina di Montevideo pada Juli 1902. FIFA dibuat di Paris pada 22 Mei 1904 – terbagi dalam asosiasi sepak bola dari Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia serta Swiss, dengan Jerman yang janji buat masuk. 

Perkembangan  Piala Dunia


Seperti sepak bola yang mulai bertambah popularitasnya, hal seperti ini diperebutkan IOC yang diketahui dengan luas jadi Olimpiade olah-raga di 1900 serta Olimpiade Musim Panas 1904, dan di Olimpiade Interkala 1906, sebelum berubah menjadi FIFA yang dipantau laga sah Olimpiade di Olimpiade Musim Panas 1908. Diadakan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris, acara ini buat pemain amatir saja serta dipandang seperti acara dibanding laga. Timnas sepak bola amatir Inggris menjadi pemenang acara pada 1908 serta 1912. 

Ada usaha yang dilaksanakan oleh FIFA buat mengadakan kompetisi sepak bola internasional pada negara diluar Olimpiade pada tahun 1906 serta hal seperti ini berjalan di Swiss. Hari itu adalah hari yang benar-benar awal buat sepak bola internasional serta peristiwa sah FIFA memaparkan laga itu jadi laga yang sudah tidak berhasil. 

Bersama-sama acara Olimpiade yang selalu diperebutkan cuma antar team amatir, laga yang sertakan team profesional mulai juga muncul. Torneo Internazionale Stampa Sportiva, diadakan di Torino, Italia pada tahun 1908, Sir Thomas Lipton adalah satu diantaranya yang pertama serta tahun seterusnya mengadakan Trofi Sir Thomas Lipton, yang juga diselenggarakan di Turin. Ke-2 kompetisi itu diperebutkan pada club semasing (dikecualikan buat timnas), yang mewakili seluruhnya bangsa. Lantaran argumen ini, gak satu juga berubah menjadi pelopor langsung Piala Dunia. Tapi, Trofi Thomas Lipton kadangkala digambarkan jadi Piala Dunia Pertama, dengan mengorbankan pendahulunya (Italia) yang kurang populer. 

Pada tahun 1914, FIFA setuju buat mengaku kompetisi Olimpiade jadi " kejuaraan sepak bola dunia buat amatir ", serta ambil tanggung jawab jadi penyelenggara acara. Hal seperti ini sebabkan jalan untuk laga sepak bola antar benua pertama dalam dunia, di Olimpiade Musim Panas 1920, dimenangkan oleh Belgia. Uruguay menjadi pemenang kompetisi pada 1924 serta 1928.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar